Menuju Kota Bogor Bebas Kantung Plastik

Menuju Kota Bogor Bebas Kantung Plastik

Persiapkan tas belanja Anda sendiri jika berkunjung ke Kota Bogor mulai tanggal 1 Desember 2018. Bawa sendiri alat untuk membawa barang yang dibeli di berbagai pusat perbelanjaan di kota hujan itu.

Jangan lagi meminta kepada kasir untuk memberikan kantung plastik sekali pakai. Mereka tidak akan memberikannya. Jangan paksa dan marah-marah yah. Kasihan mereka hanya melaksanakan ketentuan yang sudah ditetapkan dan diberlakukan di kota ini.

Pemda Kota Bogor sudah mengeluarkan Peratiran Walikota no 61 Tahun 2018 pada 31 Juli 2018 yang lalu. Isinya adalah tentang larangan pusat perbelanjaan dan toko modern di Kota Bogor untuk menyediakan kantung plastik seperti yang selama ini dilakukan.

Keluarnya peraturan ini berarti pembeli tidak akan mendapatkan kantung plastik gratis saat berbelanja. Oleh karena itu, daripada repot dan kesulitan membawa barang belanjaan, ada baiknya membawa sendiri tas atau alat lain untuk mengangkut barang yang dibeli.

Arahnya sudah jelas. Pemerintah Daerah Kota Bogor menyadari betapa berbahayanya plastik bagi lingkungan. Benda ini sulit terurai secara alami dan kalaupun terurai di dalam tanah akan menghasilkan zat beracun yang membahayakan tanah dan lingkungan.

Untuk menekan penggunaannya, sekaligus membangun kebiasaan baru untuk lebih peduli, aturan ini pun dikeluarkan.

Tujuan akhirnya sudah jelas dan pasti bahwa suatu saat Kota Bogor diharapkan akan bebas kantung plastik. Dengan begitu, Bogor yang terkenal dengan Kebun Raya-nya akan menjadi kota yang ramah lingkungan.

Untuk itulah aturan ini lahir.

Memang masih jauh dan keluarnya peraturan ini bisa dikata masih merupakan langkah awal. Apalagi mengingat peraturan ini masih diterapkan dalam lingkungan terbatas, yaitu pusat perbelanjaan dan pertokoan modern, seperti supermarket, hipermarket, dan sejenisnya. Peraturan ini belum mengikat pada berbagai usaha dan bisnis tradisional, seperti di pasar.

Meskipun demikian larangan menyediakan kantung plastik di pusat perbelanjaan modern ini tetaplah sesuatu yang harus diapresiasi banyak pihak. Terlepas dari penerapannya, setidaknya mereka yang berwenang sudah memiliki pemikiran yang lebih ramah lingkungan.

Lagipula, segala sesuatu pasti ada awalnya. Lari maraton pun ada garis startnya. Begitu juga dalam hal ino. Peraturan larangan penyediaan kantung plastik ini adalah garis start-nya dan garis akhirnya adalah Bogor yang ramah lingkungan dan kembali menjadi kota taman yang enak untuk ditinggali dan dikunjungi, seperti dulu lagi.

Semoga saja terwujud.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel