Mobil Listrik Beratap Panel Surya - Bukan Lagi Impian

Semakin hari kesadaran manusia akan segera habis sumber bahan bakar fosil semakin meningkat. Alhasil, pengembangan teknologi untuk menemukan energi pengganti terus digalakkan di banyak negara.

Usaha pengembangan teknologi bahan bakar alternatif dilakukan dalam banyak bidang, termasuk bidang transportasi, salah satu bidang yang paling rakus memakan bahan bakar. Salah satu bentuk usaha tersebut adalah lahirnya mobil listrik atau mobil elektrik yang tidak lagi mengandalkan bahan bakar fosil sebagai penggeraknya.

Sayangnya, untuk sementara, teknologi tersebut belum bisa merambah lebih jauh. Alasannya adalah keterbatasan jarak yang bisa ditempuh mobil yang digerakkan oleh listrik tersebut. Ditambah dengan belum banyaknya stasiun pengisian listrik bagi kendaraan roda empat bertenaga listrik itu.

Tahun 2017 yang lalu, Audi, salah satu produsen mobil ternama di Jerman telah melakukan satu terobosan yang mungkin bisa memecahkan masalah keterbatasan jarak tempuh. Mereka meluncurkan jenis mobil listrik baru.

Mobil Listrik Beratap Panel Surya - Bukan Lagi Impian
Sumber Foto : thedrive.com
Bedanya dengan mobil listrik lain yang beredar di pasaran adalah mobil ini dapat menempuh jarak yang lebih jauh.

Hal itu dikarenakan mobil listrik keluaran Audi ini diperlengkapi dengan atap panel surya.

Panel-panel surya yang berada di bagian atap ini adalah sebuah pembangkit listrik Daya listrik yang bisa dihasilkan akan mengisi baterai penggerak dan sebagai hasilnya baterai tersebut akan lebih lama habisnya karena selalu terisi. Jumlah aliran listrik yang bisa diproduksi mencapai 250 watt per meter persegi.

Mobil listrik terbaru Audi ini merupakan hasil kerjasama dengan Alta Device, anak perusahaan dari Hanergy Corp, perusahaan Cina yang merupakan spesialis panel surya untuk kendaraan listrik.

Memang, mobil elektrik beratap panel surya ini masih dalam bentuk prototipe dan belum diproduksi secara massal dan masih memerlukan berbagai tes atau pengecheckan sebelum diproduksi secara komersial. Meskipun demikian, apa yang dilakukan Audi dan Alta Device ini merupakan sebuah wujud dari kesadaran manusia akan pentingnya menemukan pengganti bahan bakar fosil di masa depan.

Untuk melihat seperti apa mobil listrik beratap panel surya ini, bisa dilihat di video di bawah ini :


Sebuah berita yang tentunya akan membahagiakan mereka yang sadar lingkungan. Karena, apabila mobil listrik beratap panel surya ini bisa memecahkan permasalahan jarak tempuh sehingga bisa menyamai mobil berbahan bakar bensin, tentunya masyarakat akan menerimanya sebagai pengganti. Hal itu pada akhirnya akan berdampak baik bagi pengurangan polusi udara di dunia dan pada akhirnya membantu menjaga kelestarian lingkungan.

(Dari berbagai sumber)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mobil Listrik Beratap Panel Surya - Bukan Lagi Impian"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel