Cara Paling Sederhana Membantu Petugas Kebersihan Dalam Menjaga Lngkungan

Cara Paling Sederhana Membantu Petugas Kebersihan Dalam Menjaga Lngkungan
Kebun Raya Bogor 2017
Banyak dari kita kalau melihat para petugas kebersihan merasa kasihan dan prihatin. Sudah terlihat lusuh, kotor, bau, dan langsung terbayang juga kecilnya gaji yang diterimanya. Tidak sedikit rasa empati tersebut mendorong orang untuk memberikan tip atau uang rokok karena ingin membantu para petugas kebersihan tersebut.

Niat dan tindakan yang mulia.

Meskipun demikian, sebenarnya ada cara lain yang lebih sederhana dan lebih bermanfaat bagi sang petugas kebersihan itu. Memang, cara membantu yang satu ini tidak akan langsung mendapatkan senyum sumringah dari mereka, tetapi hasilnya akan mereka rasakan.

Hal yang harus dilakukan pun sangat sederhana juga dan semua orang "seharusnya" bisa melakukan. Anak kecil pun kalau diajarkan dengan benar akan bisa mengerjakannya. Tidak perlu ikut seminar gaya hidup ramah lingkungan ataupun membaca berbagai teori menjadi kawan bagi lingkungan. Semua pasti bisa melakukannya.

Cara itu adalah dengan "membuang sampah pada tempatnya".

Pasti tidak susah karena hanya perlu berjalan ke tempat sampah terdekat dan kemudian melemparkan benda yang dianggap sampah ke dalamnya. Kalaupun tidak ada yang tersedia di dekat, bisa masukkan ke dalam tas dan menunggu hingga bertemu tempat sampah .

Terlihat seperti hal biasa dan sangat kecil, tetapi kalau jutaan orang taat dan konsisten melakukannya, maka sang petugas kebersihan pun akan merasakan hasilnya.

Ia tidak perlu lagi berjalan kesana kemari memunguti sampah yang tidak berada di tempat yang seharusnya. Tidak perlu membungkuk berulangkali hanya untuk memungut bungkus permen atau plastik yang berserakan. Tidak harus masuk ke dalam selokan yang tersumbat sampah.

Dengan begitu mereka akan bisa mengerjakan tugasnya dengan cepat dan lebih efisien. Mereka hanya perlu mengangkat sampah dari tempat sampah ke dalam truk untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir. Lebih singkat. Mereka bisa menghemat tenaga dan bisa pulang tepat waktu karena pekerjaan diselesaikan tepat pada waktunya.

Sayangnya, masyarakat Indonesia sepertinya tidak menyadari kalau hal sederhana seperti itu bisa membantu petugas kebersihan. Banyak dari kita yang menganggap karena sudah digaji pemerintah para petugas kebersihan memunguti sampah adalah tugasnya, sehingga sampah dibuang seenaknya saja. "Toh ada petugas kebersihan dan itu tugasnya", biasanya begitu pikiran banyak dari kita. Jadi, banyak yang tidak merasa bersalah sudah menambah beban mereka yang sebenarnya sudah berat itu.


Padahal, kita bisa "berbagi tugas" dengan para petugas kebersihan itu. Kita bertugas membuang sampah di tempatnya dan mereka yang akan mengangkutnya ke lokasi yang sudah ditentukan.

Kalau memang masyarakat Indonesia mau menjadi masyarakat yang ramah lingkungan, semua orang harus mau menanamkan kesadaran tentang "berbagi tugas" seperti ini. Tanpa itu, maka upaya apapun untuk mewujudkan gaya hidup itu tidak akan berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel