Beruang Kutub : Terancam Perubahan Iklim Global

Beruang Kutub : Terancam Perubahan Iklim Global

Apa yang terjadi saat suhu meningkat pada es? Jawabnya mencair. Es akan berubah menjadi air kembali di saat suhu meningkat. Itulah mengapa ada kulkas dengan freezer bagi penggemar es batu. Benda ini memastikan agar es tidak berubah kembali e dalam wujud cair.

Sayangnya, tentunya tidak ada kulkas yang bisa memasukkan bumi ke dalamnya. Padahal, kalau ada tentunya masalah yang ditimbulkan perubahan iklim secara global dalam bentuk pemanasan global bisa dihindarkan.

Alhasil, peningkatan suhu permukaan bumi jelas akan membawa dampak pada beberapa area dimana es berkuasa, seperti Artik (Kutub Utara) dan Antartika (Kutub Selatan). Banyak berita memperlihatkan efek dari peningkatans uhu permukaan bumi terhadap gunung-gung es disana. Gunung-gunung es mulai mencari.

Hal tersebut sangat mengkhawatirkan bagi banyak orang. Salah satu kategori dari mereka adalah para pecinta binatang. Bagaimanapun, di wilayah kedua kutub, banya spesies yang kehidupannya tergantung pada es, salah satunya adalah beruang kutub.

Sebuah penelitian dari WWF (Word Wildlife Fund) menunjukkan bahwa terjadi penurunan populasi beruang kutub di dua wilayah yang berdekatan dengan Kutub Utara, yaitu di Alasaka dan Northwest Territories (sumber di sini).

Penurunannya sangat drastis dalam rentang waktu yang tidak lama dan membunyikan alarn tanda bahaya bagi banyak pihak. Populasi spesies bernama Latin Ursus Maritimus ini merosot dari 1500 ekor menjadi hanya 900 ekor saja dalam kurun waktu 2001-2010.

Ditengarai, kemerosotan jumlah beruang kutub ini diakibatkan karena perubahan iklim yang mengganggu ketersediaan sumber makanan bagi mereka. Hasilnya, kehidupan mereka pun terganggu karena kesulitan mendapatkan makanan.

Tentu, bukan sebuah penyebab tunggal karena beruang kutub pun terancam akibat ekspolari minyak dan makan makanan yang tercemar akibat berbagai hal, tetapi perubahan iklim dianggap sebagai salah satu faktor yang berperan besar bagi spesies yang bergantung pada hawa dingin dan es ini.

Itulah salah satu alasan mengapa banyak organisasi pecinta binatang di dunia, seperti WWF giat menyuarakan tentang betapa berbahayanya perubahan iklim bagi dunia. Salah satunya karena ada banyak spesies binatang yang perlahan mendekati kepunahan karena rusaknya habitat mereka akibat menaiknya suhu permukaan bumi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beruang Kutub : Terancam Perubahan Iklim Global"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel