Pemandangan Sungai Ciliwung Yang Kotor Akibat Sampah

Terkadang manusia itu membingungkan. Sebagai makhluk hidup, manusia butuh air bersih untuk dapat bertahan hidup. Manusia dapat bertahan hidup tanpa makan lebih lama dibandingkan jika ia tidak mendapat asupan air.

Begitu juga jika manusia ingin hidup nyaman, maka mereka akan membutuhkan air untuk mencuci, membersihkan rumah dan lain sebagainya.

Dengan fakta seperti ini sudah selayaknya manusia harus bisa menghargai air.

Sayangnya pemandangan Sungai Ciliwung yang kebetulan melintas di Kota Bogor menunjukkan hal yang bertentangan.

Silakan lihat sendiri seperti apa penampakannya. Tiga foto di bawah ini diambil beberapa waktu yang lalu di saat sungai yang mengalir ke arah Depok dan Jakarta ini debit airnya dalam kondisi rendah, surut.




Miris melihatnya.

Pemandangan seperti ini hanya satu dari banyak pemandangan serupa di kota hujan dan tentunya hal serupa pasti banyak ditemukan di kota-kota lainnya.

Padahal, sosialisasi tentang efek dan bahaya dari membuang sampah di sungai sudah digalakkan sejak berpuluh tahun yang lalu. Sayangnya, ternyata hal tersebut sepertinya tidak pernah masuk ke dalam hati dan hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan.


Sayangi sungai, kawan karena dengan melakukan itu berarti kita menyayangi diri sendiri. Tanpa air, manusia tidak akan bisa hidup. Oleh karena itu, maka sudah kewajiban kita bersama untuk membantu menjaganya. Bukan untuk siapa-siapa tetapi untuk kita sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pemandangan Sungai Ciliwung Yang Kotor Akibat Sampah"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel