Memakai Kedua Sisi Kertas Adalah Bentuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Memakai Kedua Sisi Kertas Bentuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Terlihat sederhana, tetapi memang begitulah adanya. Jika kita terbiasa memakai kedua sisi kertas dalam keseharian kita, maka berarti kita sudah coba menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Kertas adalah benda yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena lewat kertas pengetahuan dan informasi banyak ditransfer dari satu orang ke orang lain. Sayangnya karena harganya yang bisa dikata murah, mayoritas orang menganggapnya remeh dan tidak mempedulikan.

Padahal, kehadiran selembar kertas di meja memerlukan pengorbanan dari lingkungan.

Kok bisa begitu?

Ya karena untuk menghasilkan kertas maka akan ada pohon yang harus ditebang. Untuk membuat manusia bisa menulis di selembar kertas, ada paling tidak 10 liter air yang dikorbankan. Menghadirkan kertas di kantor butuh pengorbanan sungai menerima berbagai limbah dari pabrik produsennya.

Itulah berbagai pengorbanan lingkungan untuk menghasilkan kertas.

Nah, apabila kita bisa memakai kedua sisi kertas, maka diharapkan pada akhirnya jumlah kertas yang kita pakai akan berkurang jumlahnya. Tindakan sederhana ini juga berarti tidak ada yang disia-siakan, efektif, dan efisien.

Dengan begitu kita sudah turut berkontribusi dalam mengurangi kerusakan lingkungan yang diakibatkan pemakaian pohon untuk menghasilkan kertas.

Langkah kecil saja, dan tentunya kalau hanya dilakukan satu orang saja, tidak akan bermakna apa-apa. Tetapi, kalau hal iu dilakukan 250 juta penduduk Indonesia, maka bisa dibayangkan berapa banyak area hutan yang akan bisa diselamatkan dari penebangan.


Caranya mudah, kalau hanya untuk membuat draft tulisan atau sekedar corat-coret, jangan pergunakan kertas baru. Cari dan pergunakan kertas bekas yang sudah terpakai di satu sisinya. Menulislah di bagian kosong di belakangnya. Toh bukan untuk sesuatu yang resmi.

Dengan begitu kita bisa turut berpartisipasi menjaga lingkungan.

Oleh karena itu, yuk kita memakai kedua sisi kertas sebanyak mungkin?

0 Response to "Memakai Kedua Sisi Kertas Adalah Bentuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel