Tenggelamnya Amoco Cadiz : Petaka Lingkungan Terbesar Dunia #1


Amoco Cadiz adalah nama sebuah super tanker pengangkut minyak mentah berbendera Liberia yang dimiliki oleh perusahaan Amoco Corporation.

Tanker ini pertama kali beroperasi di tahun 1975 dengan ukuran yang sangat besar. Panjangnya mencapai 334 meter dan lebar 51 meter. Kapasitas angkutnya mencapai lebih dari 200 ribu ton minyak mentah dalam sekali angkut.

Dalam perjalanannya pada 16 Maret 1978 tanker ini sedang dalam kapasitas penuh. Ia sedang mengangkut 1,6 juta barrel minyak mentah (setara dengan 219 ribu ton) ketika dihantam badai di Selat Channel antara Inggris dan Perancis.

Badai tersebut menyebabkan kerusakan dalam sistem kemudi dan berbagai bagian lain.

Kejadian yang begitu cepat dan cuaca yang sangat buruk pada saat itu menyebabkan, kapal tenggelam sebelum pertolongan bisa dilakukan. Usaha menariknya menjauhi Panta Britany, Perancis tidak berhasil dan kapal akhirnya tenggelam setelah terbelah menjadi tiga.

Tidak berhasilnya usaha menyelamatkan super tanker ini menyebabkan semua minyak mentah dan bahan bakar minyak yang dibawanya tercurah ke dalam laut.

Sebagai dampaknya adalah lebih dari 320 kilometer garis pantai Perancis satu bulan setelah kejadian/ Selain itu perairan 19 kilometer dari pantai terlapisi oleh minyak.

Laut tercemar di Britany Perancis akibat tenggelamnya Amoco Cadiz
Laut tercemar di Britany Perancis akibat tenggelamnya Amoco Cadiz

Petaka lingkungan tidak terelakkan akibat tercemarnya perairan di Britany ini. Jutaan moluska (hewan laut kecil) dan bulu babi mati dan bangkai mereka terseret arus ke pantai.

Lebih dari 20.000 burung penyelam yang mencari makan dengan menembus permukaan air mengejar ikan tidak terselamatkan. Bangkai 9000 ton kerang pun terkumpul. Ikan-ikan yang ditangkap pun terasa berbau minyak.

Hal itu belum termasuk dengan polusi terhadap kawasan di sekitarnya. Lapisan minyak ternyata menembus area berpasir di sekitar tenggelamnya kapal hingga 20 inci atau sekitar 60 centimeter masuk ke dalam.

Kerusakan lingkungan sangat besar dalam kasus tenggelamnya super tanker Amoco Cadiz ini. Sejarah mencata petaka Amoco Cadiz ini sebagai tumpahan minyak terbesar sepanjang sejarah.

Pemerintah Pernacis mengajukan tuntutan kepada pihak pemilik tanker sebagai ganti rugi sebesar US$ 250 juta (nilai saat itu). Pengadilan akhirnya membuat Amoco Corporation untuk memberikan ganti rugi sebesar US$ 120 juta di tahun 1990, 12 tahuns etelah petaka terjadi.

------
Referensi :

Wikiepedia.org : Amoco Cadiz Iol Spill
Super tanker wrecks off French Coast

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tenggelamnya Amoco Cadiz : Petaka Lingkungan Terbesar Dunia #1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel