Stop Membuang Sampah Ke Jalan Raya ! Jalanan Bukan Tong Sampah Raksasa!

Buang Sampah Di Jalan Raya
Sumber Foto : Honda Community.Net  
Tong sampah raksasa. Mungkin begitulah pemikiran banyak penumpang mobil di Indonesia terhadap jalan raya.

Bagaimana tidak. Sudah menjadi kebiasaan, yang sayangnya di sisi keburukan, banyak pengguna jalan raya untuk melemparkan tisu bekas atau gelas/botol air mineral begitu saja keluar dari kendaraan. Padahal mereka sudah pasti tahu bahwa tempat yang paling cocok untuk benda-benda itu adalah tong sampah.

Jadi, dengan membuang sampah ke jalan raya, mereka hampir pasti beranggapan kalau jalanan adalah sama dengan tong sampah raksasa.

Rupanya membaiknya kehidupan masyarakat Indonesia masih tidak diimbangi dengan kemajuan mentalitasnya. Kebiasaan membuang sampah yang dilakukan orang-orang yang berada di dalam mobil ini sangat menunjukkan hal itu.

Kalau bisa diuraikan, maka bisa terlihat beberapa hal ini.

Dengan memiliki kendaraan, berarti taraf hidup perekonomian mereka sudah pasti berada di atas rata-rata masyarakat Indonesia.Tentunya tidak akan sulit untuk membuka dompet sedikit saja untuk membeli sebuah tempat sampah untuk di dalam mobil.

Soal pendidikan pun seharusnya bukan menjadi inti dari kebiasaan buruk ini. Kebanyakan dari pemilik kendaraan, paling tidak sudah lulus Sekolah Menengah Atas. Tentunya mereka semua sudah menyadari bahwa membuang sampah ke jalan adalah sebuah perbuatan yang salah.

Tidak mungkin mereka tidak mengetahuinya. Siswa Taman Kanak-Kanak saja sudah diajarkan tentang hal itu. Mereka yang melakukan ini juga sadar ada sanksi bagi membuang sampah sembarangan dan nilainya cukup besar.

Tetapi, faktanya kebiasaan buruk ini masih sering dilakukan orang dimana-mana. Bukan hanya di desa, tetapi juga di kota-kota besar. Bahkan, kebiasaan buruk ini lebih banyak dilakukan oleh mereka-mereka yang tinggal di kota dibandingkan di desa.


Perlu penegakkan hukum yang lebih keras terhadap mereka yang melakukan hal ini. Mungkin dengan begitu "halusinasi" yang mereka alami, yang membuat mereka melihat jalan raya sebagai Tong Sampah Raksasa, bisa disembuhkan.

Karena kenyataannya adalah jalan raya bukanlah tong sampah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Stop Membuang Sampah Ke Jalan Raya ! Jalanan Bukan Tong Sampah Raksasa!"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel