Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar di Dunia : Gansu Wind Farm, Cina


Pemanfaatan angin sebagai sumber energi sudah semakin meluas di dunia. Banyak negara di dunia mulai mengembangkan berbagai tehnologi untuk merubah angin menjadi energi listrik.

Proses produksinya yang menghasilkan lebih seidkit gas buang dan juga tidak menyebabkan polusi lingkungan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang memakai batubara adalah salah satu faktor mengapa angin menjadi salah satu pilihan untuk menyediakan listrik di banyak negara.

Cina salah satunya.

Di negara tersebut pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Angin semakin banyak dilakukan.

Salah satu yang paling banyak menyita perhatian dunia adalah Gansu Wind Farm Project (Proyek Ladang Angin Gansu).

Proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga angin yang dimulai tahun 2009 ini apabila telah selesai akan menjadi yang terbesar di dunia.

Di saat selesai nanti, Pusat Pembangkit Listri Tenaga Angin Gansu akan mampu menyuplai paling tidak 20.000 Mega Watt listrik. Angka ini sama dengan 100 kali lipat yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air Jatiluhur atau 2 kali lipat dari program peyediaan listrik Indonesia tahap 1 yang hanya mentargetkan 10.000 MW saja.

Ladang Angin Gansu berada di antara Propinsi Guazhou County dan Gansu, tepatnya di padang pasir Jiuquan.

Pembangunannya dilakukan dalam beberapa tahan mulai tahun 2009 dan akan berakhir 2020. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun komplek Pembangkit Listrik Tenaga Angin ini diperkirakan akan mencapai angka US$ 17.500.000.000 atau sekitar 221 Trilyun rupiah.

Meskipun harga jual listriknya masih akan lebih mahal dari listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang menggunakan batubara, pemerintah Cina memtuskan untuk membangunnya, selain karena semakin terbatasnya sumber daya mineral, juga karena Pembangkit Listrik Tenaga Angin juga tidak menambah polusi udara yang sudah cukup buruk di negara berpenduduk 1.3 Milyar tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar di Dunia : Gansu Wind Farm, Cina"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel