Berapa Banyak Pohon Menghasilkan Oksigen?

Hampir semua orang pernah mendengar bahwa pohon menghasilkan oksigen. Bersama dengan plankton di lautan, pohon menjadi penyuplai gas yang dipergunakan manusia untuk bernafas dan membentuk atmosfir.

Tetapi, tahukah kita bagaimana dan berapa banyak oksigen yang dihasilkan pohon dalam setahun?

Bagaimana pohon menghasilkan oksigen?

Dalam sehari mayoritas pohon akan memproduksi gas berkode O2 itu hanya di siang hari. Pada malam hari pohon akan sama seperti manusia dan hewan, ia akan mengisap oksigen juga.

Hal ini terkait dengan proses fotosintesis atau fotosintesa yang dilakukan tanaman.

Sama dengan hewan dan manusia, tanaman pun butuh "makanan" untuk hidup, tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu ia pun harus "memasak" makanannya sendiri.

Proses memasak inilah yang disebut dengan fotosintesis.

Tempat yang dijadikan "dapur" untuk proses fotosintesa adalah daun. Sedangkan bagian tanaman lainnya menjadi penyuplai bahan yang dipergunakan. Akar akan berperan sebagai penyerap unsur hara dan air yang akan dialirkan ke daun melalui pembuluh kapiler di dalam batang dan ranting.

Dalam proses fotosintesis, tanaman akan menghirup karbondioksida dari udara dan dengan bantuan sinar matahari, semua itu diubah menjadi makanan bagi dirinya.

Selama proses tersebut pohon atau tanaman akan melepaskan Oksigen atau O2 ke udara.

Dari situlah salah satu asal oksigen yang setiap hari dihirup manusia.

Berapa banyak pohon menghasilkan oksigen?

Tergantung. Volume oksigen yang dilepaskan pohon di udara akan tergantung banyak hal. Sebuah pohon yang memiliki tinggi 30 meter dan diameter 10 meter tentunya akan memproduksi oksigen yang dihasilkan sebuah tanaman dalam pot dengan tinggi 1 meter saja.

Usia, ukuran, kesehatan pohon akan menentukan jumlah produksi oksigen sebuah pohon.

Sebagai gambaran kasar, ada beberapa hasil penelitian yang sudah dirilis oleh banyak kalangan.

1. Sebuah pohon dewasa menyerap karbondioksida sebanyak 24 kilogram setiap tahunnya. Pohon yang sama akan melepaskan oksigen yang cukup untuk 2 orang dewasa pada tahun yang sama.

McAliney, Mike. Arguments for Land Conservation: Documentation and Information Sources for Land Resources Protection, Trust for Public Land, Sacramento, CA, December, 1993

2. Satu acre (4,046 meter persegi) pohon dewasa dapat menyerap karbondioksida yang diproduksi sebuah mobil yang menempuh jarak 26 ribu mil (+-40 ribu Km). Sebagai imbalannya, area pohon yang sama melepaskan oksigen ke udara cukup untuk 18 orang dewasa

New York Times

3. Pohon setinggi 33 meter dan berdiameter 6 meter mampu memprofuksi 6000 pound (3000 kilogram) oksigen setiap tahun

Northwest Territory Forest Management

4. Rata-rata produksi oksigen perpohon adalah 260 pound atau 130 kilogram per tahun. Dua buah pohon dewasa mengeluarkan oksigen yang cukup untuk sebuah keluarga dengan 4 orang anggota.

Environment Canada, Canada's National Environmental Agency


Angkanya berbeda-beda. Besar kemungkinan disebabkan oleh jenis pohon yang diteliti berbeda jenis, ukuran, dan usianya. Tetapi, ada hal yang jelas sama "pohon menghasilkan oksigen" setidaknya cukup untuk 2 orang per-tahun.

Oleh karena itu, bila kita menebang sebuah pohon dewasa tanpa alasan yang jelas, berarti kita mengurangi penyuplai oksigen utnuk dua orang. Bayangkan sendiri bila terjadi kebakaran hutan atau penebangan hutan. Berapa ribu produsen oksigen akan menghilang.

Otomatis, maka tidak akan ada penyerab karbondioksida di udara yang menyebabkan turunnya kualitas udara bagi manusia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Berapa Banyak Pohon Menghasilkan Oksigen?"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel