Mulai Dari Diri Sendiri Untuk Menjaga Lingkungan Kita


Memulai sesuatu seringkali merupakan masalah besar bagi semua orang. Kita acapkali bingung harus bagaimana karena itu adalah pertama kalinya kita melakukan hal tersebut. Darimana, bagaimana, dan apa yang harus dilakukan seringkali merupakan sebuah pertanyaan yang membutuhkan waktu untuk dipikirkan.

Begitu pula, ketika kita sudah memutuskan untuk ikut turut dalam menjaga lingkungan. Sering yang ada di kepala kita adalah pertanyaan darimana saya harus memulai. Apakah bergabung dengan komunitas pecinta lingkungan? Haruskah saya memulai dengan memberikan sumbangan pada kegiatan berbau lingkungan? Bisakah dimulai dengan melakukan ini dan itu?

Memang memusingkan.

Padahal begitu kita memulai langkah pertama, biasanya langkah selanjutnya akan terasa lebih enteng. Lebih mudah. Mungkin karena secara perlahan tapi pasti kita sudah mulai menemukan cara atau jalannya.

Langkah pertama selalu merupakan langkah paling berat dan tidak jarang paling menentukan.

Apa langkah awal yang bisa dilakukan untuk ikut menjaga lingkungan?

Kalau boleh saran. Mulai dari diri sendiri.

Menjaga lingkungan adalah sebuah perjalanan yang panjang dan akan terus kita lakukan secara kontinyu selama kita masih hidup. Untuk itu diperlukan sebuah perubahan pola pikir dan pola hidup. Tanpa melakukan perubahan dalam diri kita sendiri, maka tidaklah mungkin hal itu bisa dilakukan.

Mulailah dengan langkah-langkah sederhana dan kecil tetapi juga menanamkan pada pikiran kita sendiri tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Hal-hal kecil itu bisa dalam bentuk seperti, membiasakan membuang sampah pada tempatnya, memilah-milah sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak, mengurangi pemakaian kantung plastik, bahkan sekedar mematikan lampu saat tidak dipakai pun bisa menjadi awal bantuan Anda kepada lingkungan.


Sedikit demi sedikit kita akan membiasakan otak kita untuk memasukkan lingkungan sebagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam hidup kita. Bila hal ini dilakukan secara terus menerus, suatu waktu pola berpikir kita akan berubah dan hal-hal itu akan menjadi kebiasaaan dalam keseharian kita.

Barulah setelah kita terbiasa dengan gaya hidup yang memperhatikan lingkungan, kita bisa melangkah ke tingkat selanjutnya, seperti bergabung dengan komunitas pecinta alam atau lingkungan.

Jadi, kawan, mulai lah dari sekarang. Buanglah sampah pada tempatnya, pisahkan sampah organik dan non organik, atau matikan lampu atau televisi kalau sedang tidak dipakai.

Semua itu adalah langkah awal yang meskipun kecil efeknya tetapi merupakan bantuan besar untuk kelestarian alam dan lingkungan.

Mulai dari diri sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mulai Dari Diri Sendiri Untuk Menjaga Lingkungan Kita"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel