#BreakFreeFromPlastic : Gerakan Bebas Dari Plastik


"Break Free From Plastic" atau Bebas Dari Plastik adalah nama sebuah gerakan yang ditandatangani oleh 100 organisasi pejuang lingkungan yang dicetuskan di Tagaytay, Filipina, July 2016.

Gerakan ini timbul menyusul kekhawatiran para pejuang lingkungan tersebut akan semakin kotornya bumi ini dipenuhi oleh sampah plastik yang dibuang sembarangan. Salah satu penyulut lahirnya gerakan Bebas Dari Plastik ini adalah kekhawatiran akan dampak plastik yang sangat merusak di masa yang akan datang.

Seperti diketahui bersama, plastik tidak bisa terurai dengan sendirinya alias terurai secara biologis. Perlu waktu puluhan tahun untuk sebuah botol plastik menjadi atom-atom kecil. Belum lagi kalaupun sudah terurai, bahan-bahan kimia yang terbentuk juga mencemari tanah dan lingkungan sekitarnya.

Dalam sebuah hasil penelitian, diprediksi bahwa pada tahun 2050 nanti, ratio antara sampah plastik dan ikan di lautan akan menjadi 1:2. Untuk setiap 2 ton ikan di laut akan ada 1 ton sampah. Sebuah prediksi yang sangat mencemaskan karena laut bukan lagi hanya berisi ikan tetapi juga sampah plastik.

Kepedulian terhadap masa depan bumi inilah yang mendorong organisasi-organisasi pemerhati lingkungan seperti Greenpeace, Oceana, Sufrider Foundation, Zero Waste Europe dan masih banyak lainnya mengkampanyekan #BreakFreeFromPlastic atau Gerakan Bebas Dari Plastik.

Gerakan ini bertujuan untuk menghimbau sebanyak mungkin orang untuk berpartisipasi di dalamnya. Mereka menyerukan penggunaan sesedikit mungkin plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah kita bisa terlibat? Tentu saja . Anda bisa bergabung dengan menandatangani janji yang terdapat di sini . Kemudian sebarkan kepada di media sosial untuk mengkampanyekan penggunaan plastik secara lebih berhati-hati dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya plastik.

Tetapi, kalau memang agak terlalu repot bagi Anda, cukup dengan memakai tas belanja yang bisa dipergunakan berkali-kali sebagai pengganti kantung plastik. Bisa juga dengan menolak pemakaian kantung plastik meskipun ditawarkan oleh penjual.

Yang manapun pilihan Anda, Gerakan Bebas Dari Plastik ini harus didukung demi kehidupan manusia sendiri.


0 Response to "#BreakFreeFromPlastic : Gerakan Bebas Dari Plastik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel