Berjalan Kaki Untuk Menjaga Lingkungan dan Membuat Badan Sehat

"Bagaimana memulai sebuah usaha menjaga kelestarian alam dan lingkungan? Saya tidak memiliki sama sekali pengetahuan tentang ekologi dan sejenisnya? Bagaimana saya bisa berpartisipasi dalam kegiatan mengurangi polusi"

Banyak orang, belakangan ini semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Sayangnya, mereka sering masih bingung harus memulai dari mana?

Apa yang harus dilakukan sebagai langkah awal?

Nah, kalau Anda termasuk salah satu dari mereka yang menanyakan bagaimana mengawali perjuangan menjaga lingkungan, saya akan menyarankan Anda untuk memulai dengan LEBIH SERING BERJALAN KAKI.

Bukan tanpa dasar kalau hal itu saya sarankan.

Ada beberapa alasan, seperti yang diuraikan di bawah ini.

Alasan Berjalan Kaki Bisa Membantu Lingkungan

1. Anda tidak menggunakan bahan bakar

Bukankah demikian.

Dengan berjalan kaki, maka kendaraan Anda akan tersimpan di garasi saja. Walau terlihat sederhana, Anda berarti sudah mengurangi polusi yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar oleh kendaraan yang kita pergunakan.

Semakin sering Anda berjalan kaki, entah ke kantor, sekolah, atau kemanapun, semakin besar peran serta Anda dalam menjaga lingkungan.

Anda, besar kemungkinan, tidak akan mendapatkan medali dari kegiatan ini. Tetapi, kontribusi Anda akan sangat bermanfaat mengerem roda polusi di dunia.

Semakin banyak orang yang melakukannya, semakin besar efek rem untuk mencegah pencemaran udara.

2. Anda akan mengamati lingkungan

Dengan berjalan kaki, Anda akan bergerak lebih perlahan dibandingkan ketika berkendara. Di saat itu Anda akan bisa melihat tentang got yang mampet, sampah yang berserakan, dan sebagainya.

Hal-hal tersebut besar kemungkinan akan terlewat kalau Anda berada di dalam sebuah mobil atau di atas sepeda motor yang melaju kencang.

Dari sini Anda akan menyadari bahwa masih banyak bagian dari lingkungan dimana kita tinggal pun masih berantakan dan mengenaskan.

Sesuatu yang tentunya bisa Anda tindak lanjuti.

Itulah alasan mengapa saya menganjurkan Anda untuk berjalan kaki sebagai langkah awal usaha ikut menjaga lingkungan kita.

Memang, Anda tidak akan mendapat medali kehormatan atau Kalpataru atas kegiatan seperti ini.

Tetapi, tetap saja ada reward atau hasil dari kegiatan berjalan kaki ini. Silakan lihat di bawah ini.


Manfaat Berjalan Kaki


Walau tidak akan mendapat penghargaan dari pemerintah, tetapi Anda bisa mendapatkan ini :

1) Berjalan kaki bisa membuat hidup lebih bahagia


Sulit dipercaya memang. Orang Indonesia lebih berpandangan bahwa mereka yang berada di dalam sebuah mobil lebih "berbahagia" .

Tetapi para peneliti dari Universitas Duke di Amerika Serikat menemukan bahwa berjalan kaki atau jongging selama 30 menit, tiga kali seminggu, dapat mengurangi gejala depresi berat.

2) Berjalan kaki mengurangi stress


Penelitian di Inggris terhadap 18 ribu komuter menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki atau bersepeda memiliki tingkat stress lebih rendah daripada yang berkendara.

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk membuktikannya. Coba saja perhatikan para komuter Jakarta Bogor yang sering harus menghabiskan waktu 3-4 jam setiap hari untuk mencapai tempat kerja.

3) Berjalan kaki membuat tulang lebih kuat


Penelitian dari Universits Oxford menunjukkan bahwa mereka yang berjalan kaki memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

Tentu saja bukan, semua juga tahu kalau sinar matahari sangat membantu dalam kesehatan tulang. Seorang yang sering berjalan kaki akan cukup lama terpapar sinar sang surya ini.

4) Berjalan kaki berarti berhemat


Itu yang saya lakukan setia hari dengan berjalan kaki dari stasiun kereta ke kantor, pulang pergi.

Hal ini terbukti tanpa harus melakukan penelitian. Ongkos bajaj atau ojeg dari stasiun Gondangdia ke kantor sekitar 15 ribu rupiah sekali jalan. Kalau pulang pergi berarti 30 ribu rupiah perhari.

Silakan hitung berapa rupiah yang dihemat dengan berjalan kaki.

Lagipula, saya tidak perlu ke gym yang membershipnya lumayan mahal dan memerlukan ongkos.

5) Berjalan kaki memperbaiki hubungan antar manusia


Ini bisa dilihat dari kehidupan sehari-hari. Kalau kita berada di atas kendaraan, sulit bagi kita untuk berinteraksi dengan tetangga atau orang di sekitar kita.

Paling jauh, kita hanya bisa say "Hai" atau "Halo"

Kalau kita berjalan kaki, ada waktu lebih banyak untuk berkomunikasi dengan orang lain.

6) Berjalan kaki meningkatkan kreatifitas


Frontierz of Neuroscience melaporkan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kreatifitas seseorang.

Sesuatu yang juga tidak mengejutkan karena seorang yang berjalan kaki akan melihat lebih banyak. Ia juga tidak perlu berkonsentrasi untuk mengemudikan kendaraannya. Jadi lebih banyak waktu untuk berpikir dan menggali berbagai kemungkinan.

Bukankah sesuai dengan saran saya untuk memulai usaha melestarikan  lingkungan?

Masih banyak lagi hasil penelitian yang menunjukkan berbagai manfaat yang anda bisa dapatkan dengan melangkahkan kaki Anda lebih sering.

Anda pun tentu sadar hal itu kan.

Nah, saya sendiri membuktikan beberapa hasil penelitian tadi. Ide membuat artikel ini tercetus ketika sedang berjalan kaki menuju ke stasiun kereta. Penulisannya pun langsung dilakukan di atas Commuter Line menuju Bogor.

Saya menjadi kreatif, sehat dan bisa berhemat.

Bagaimana dengan Anda, mau mencoba menjaga lingkungan, berhemat, sekaligus menjadi sehat?

Yuk berjalan kaki!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berjalan Kaki Untuk Menjaga Lingkungan dan Membuat Badan Sehat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel